Cara Meningkatkan Kinerja Komputer Dengan Turbo Mode ( Tune Up Utilities )

Pengenalan

TuneUp Turbo Mode memberikan peningkatan kinerja segera kapanpun Anda membutuhkannya. Bila Anda menempatkan komputer Anda ke Turbo Mode, analisis dilakukan untuk melihat mana program-program dan fungsi yang sedang berjalan di latar belakang tidak benar-benar diperlukan. Program-program yang akan dihentikan atau diperlambat, yang memungkinkan
kekuatan pemrosesan tambahan yang diperoleh akan digunakan secara eksklusif oleh program Anda benar-benar berjalan.

Kapan saya harus mengaktifkan Turbo Mode?

Menggunakan Turbo Mode dapat misalnya mempercepat game komputer, membuatnya mudah untuk bekerja dengan performancesapping program atau mencegah video dari berkedip-kedip atau pembekuan ketika mereka dimainkan. Namun perlu dicatat bahwa ketika Anda mengaktifkan Turbo Mode, Anda juga mematikan beberapa fungsi yang tidak akan tersedia lagi sampai Anda mematikan Turbo Mode.

Bagaimana Turbo Mode Bekerja?

Grafik berikut menggambarkan kerja internal PC Anda dengan program yang sedang Anda gunakan (Hijau) dan mereka yang berjalan di latar belakang (biru). Di sini Anda dapat melihat bagaimana PC Anda dibantu segera setelah Anda memungkinkan Turbo Mode:


Lingkaran hijau mewakili program-program yang Anda ingin mempercepat menggunakan Turbo Mode. Biru berlian adalah semua program dan fungsi yang tidak diperlukan sama sekali ketika Turbo Mode menyala . Ini karena itu dimatikan sehingga semua pengolahan daya PC akan tersedia untuk program yang dibutuhkan.

Selain program-program yang sedang Anda gunakan (hijau), banyak program lain yang juga berjalan di latar belakang yang benar-benar tidak penting untuk pekerjaan (biru). Jika proses latar belakang seperti tiba-tiba mulai memerlukan banyak kekuatan pemrosesan, mereka diberi prioritas yang lebih rendah sehingga program lain dapat terus berjalan lancar.

Cara Pasang Komputer ke Turbo Mode

Di kiri bawah, di TuneUp Utilities Start Center, Anda akan melihat Turbo Mode switch. Setelah Anda klik saklar ini, komputer yang dimasukkan ke dalam Turbo Mode. Ikon TuneUp kemudian muncul di daerah pemberitahuan taskbar, yang memberitahukan bahwa Turbo Mode aktif.

Atau, Anda dapat mengakses saklar untuk Turbo Mode langsung melalui ikon TuneUp Utilities dalam area pemberitahuan taskbar. Klik kiri pada icon. Sebuah jendela flyout terbuka, menampilkan tombol Turbo Mode di bagian bawah tersisa.

Ketika Anda mulai Turbo Mode untuk pertama kalinya, wizard akan muncul untuk membantu Anda membuat Anda sendiri disesuaikan Turbo Mode. Wizard Turbo Mode terintegrasi ke dalam dialog konfigurasi baru pusat TuneUp Utilities.

Cara Beralih ke Turbo Mode

Pada bagian kiri bawah TuneUp Utilities Start Center, dalam PC optimization mode , ada saklar Turbo Mode. Klik untuk beralih komputer Anda ke Turbo Mode.

Atau, Anda dapat memulai Turbo Mode dengan pergi ke Overview of all functions di Start Center dan memilih Turn on Turbo Modemasuk di bawah Windows.

Alternatif lain untuk beralih pada Turbo Mode dapat ditemukan pada saklar Turbo Mode di TuneUp Utilities Gadget.

Bagaimana untuk mengetahui apakah Turbo Mode diaktifkan

Jika Turbo Mode diaktifkan, ikon TuneUp Utilities muncul di daerah pemberitahuan taskbar (di bagian bawah kanan pojok samping saat itu), yang memberitahu Anda bahwa Turbo Mode diaktifkan. Anda juga dapat mengenali ini dari switch di Pusat Start.

Bagaimana Konfigurasi TuneUp Anda Turbo Mode

Memulai wizard untuk mengkonfigurasi TuneUp Turbo Mode dengan mengklik Settings pada menu bar dari Start Center dan memilih areaTurbo Mode. Atau, membuka jendela untuk mengkonfigurasi TuneUp Turbo Mode dengan pergi ke TuneUp Utilities Start Center dan mengklik ikon kunci pas kecil di kiri bawah di area PC optimization mode.

Mengatur sendiri Turbo Mode Anda dalam enam langkah mudah – cukup pilih tugas, program dan fungsi dapat dinonaktifkan sementara untuk memberikan dorongan kinerja sambil Turbo Mode diaktifkan. Semakin sering Anda mengaktifkan, akan semakin baik keuntungan dalam kinerja. Anda selalu dapat matikan sementara semua fungsi dan tugas yang disarankan di sini. Tak satu pun dari fitur perangkat lunak anda untuk keamanan Internet atau perlindungan virus akan dimatikan.

Tentang Pengaturan Pilihan Anda

Langkah 1: Menunda tugas pemeliharaan otomatis sampai nanti

Pemeliharaan langkah-langkah yang dimulai secara otomatis di latar belakang adalah penting untuk pemeliharaan Anda komputer, tetapi biasanya tidak mendesak. Mereka dapat dilakukan di kemudian hari untuk membebaskan sumber daya yang dibutuhkan untuk program Anda. Pada langkah ini, Anda dapat mengkonfigurasi pengaturan berikut:

Postpone scheduled defragmentation: Ini akan mencegah defragmentasi disk terjadwal keras oleh Microsoft atau produsen terkenal dari mulai ketika Turbo Mode diaktifkan.

Postpone scheduled maintenance tasks: Ini akan mencegah tugas-tugas pemeliharaan otomatis dan tugas-tugas yang dijadwalkan Microsoft dan produsen lainnya yang tidak dapat dilakukan ketika Turbo Mode diaktifkan. Ini termasuk TuneUp Automatic Maintenancedan penciptaan otomatis backup .

Postpone automatic updates: Jika Anda memilih pilihan ini, Anda akan diberitahu bahwa update program telah tersedia tetapi ini tidak akan otomatis di-download atau diinstal sementara Turbo Mode aktif.

Langkah 2: Batasi koneksi dengan perangkat eksternal.

Setiap komputer memiliki banyak layanan berjalan di latar belakang yang mendeteksi perangkat yang terhubung dan menyediakan dengan fungsi yang diperlukan untuk menggunakan perangkat tersebut. Anda dapat membatasi dukungan ini dan memiliki lebih banyak sumber daya untuk program Anda. Pada langkah ini, Anda dapat mengkonfigurasi pengaturan berikut:

Turn off synchronization with mobile devices: Pengaturan ini akan mencegah sinkronisasi alamat, e-mail, file musik, dll dengan ponsel Anda atau portabel media player dan program terkait tidak akan dimulai secara otomatis bila perangkat terhubung saat Turbo Mode aktif.

Limit support for digital cameras and scanners: Ketika Turbo Mode diaktifkan, Anda tidak bisa mengimpor gambar dari kamera digital atau gambar scan.

Langkah 3: Mengurangi efek visual

Efek visual memberikan tampilan grafis dari Windows tapi mengambil ruang berharga dalam memori. Terutama dengan kartu grafis dengan kinerja rendah. Anda dapat meningkatkan kinerja komputer dengan mematikan visual yang efek.

Tip: Ini adalah cara yang populer untuk meningkatkan kinerja netbook secara berkelanjutan.

Pada langkah ini, Anda dapat mengkonfigurasi pengaturan berikut:

Turn off visual special effects: Pengaturan ini akan mematikan efek transparansi dan bayangan dari jendela, pratayang jendela di taskbar dan tiga dimensi navigasi antara jendela ketika Turbo Mode diaktifkan.

Switch to classic window design: Pengaturan ini menggunakan desain Windows klasik untuk munculnya jendela, menu dan tombol ketikaTurbo Mode diaktifkan, dan antarmuka Windows XP yang penuh warna akan dinonaktifkan.

Langkah 4: Konfigurasi sumber daya komputer untuk performa optimal

Sumber daya komputer Anda dalam permintaan. Sebuah solusi cerdas untuk berbagi sumber daya yang akan  sangat membantu meningkatkan kinerja komputer Anda.

Tip: Karena ini tidak membatasi fungsi, pengaturan ini juga sangat dianjurkan untuk jangka panjang.

Ensure optimum performance regardless of energy use: Pengaturan ini menggunakan “kinerja tinggi”  rencana Windows hemat energi ketika Turbo Mode diaktifkan. Hal ini memastikan kinerja maksimum terlepas dari jumlah energi yang digunakan.

Langkah 5: Nonaktifkan fungsi latar belakang

Sistem operasi melakukan tugas lebih banyak dari sebagian besar pengguna sadar. Banyak program dan layanan berjalan permanen di latar belakang, meskipun mereka tidak benar-benar diperlukan dan menggunakan sumber daya berharga. Jika Anda tidak pernah menggunakan beberapa fungsi-fungsi ini Anda dapat menonaktifkan mereka secara permanen dan meningkatkan kinerja komputer Anda.

Disable media library share in local network: Pengaturan ini memastikan bahwa perangkat jaringan lain tidak dapat mengakses gambar, video atau musik Anda di perpustakaan media ketika Turbo Mode diaktifkan. Namun, Turbo Mode tidak mempengaruhi pangsa folder dalam jaringan.

Turn off quick search using index creation: Pengaturan ini memastikan bahwa Windows tidak membuat indeks dari file dan e-mail Anda ketika Turbo Mode diaktifkan. Harap dicatat bahwa mematikan fungsi ini secara signifikan memperlambat pencarian.

Turn off error reporting: Pengaturan ini memastikan bahwa tidak ada data akan dikumpulkan mengenai kesalahan dan tidak akan ada komunikasi dengan Microsoft tentang crash program atau kesalahan lain ketika Turbo Mode diaktifkan.

Menonaktifkan dukungan untuk mesin virtual: (Pilihan ini hanya tersedia jika komputer Anda memiliki perangkat lunak untuk virtual mesin yang terpasang di atasnya) Pengaturan ini akan menonaktifkan fungsi latar belakang untuk penggunaan mesin virtual ketika Turbo Modeaktif.

Langkah 6: Meningkatkan kinerja tambahan

Setiap kali Windows dijalankan, itu dimulai jasa yang digunakan jarang atau tidak pernah. Layanan ini dapat menempati jumlah besar sumber daya sistem dan memperlambat PC Anda. Untuk mencegah layanan ini dari tidak bekerja ketika Anda membutuhkannya, Anda hanya harus mematikannya sementara untuk peningkatan kinerja tambah.

Turn off rarely used services: Pengaturan ini akan menonaktifkan layanan yang hanya diperlukan dalam keadaan tertentu (misalnya perusahaan jaringan) atau situasi (misalnya instalasi program baru) ketika Turbo Mode diaktifkan.

Turn off special encryption services: Ketika Turbo Mode diaktifkan, pengaturan ini akan mematikan layanan untuk login ke sebuah domain.

Turn off network communication services: Ketika Turbo Mode diaktifkan, pengaturan ini akan menonaktifkan jaringan komunikasi jasa yang jarang digunakan, misalnya fax atau peer-to-peer.

Berapa lama harus tetap mengaktifkan Turbo Mode?

Turbo Mode dapat dimatikan secara otomatis saat komputer dimatikan, atau tetap sampai Anda mematikannya secara manual. Jika Anda mengaktifkan Turbo Mode secara terus-menerus, ini juga dapat mempercepat proses startup.

Namun, perlu diketahui bahwa untuk peningkatan kinerja sistem, fitur yang Anda pilih di konfigurasi Wizard harus dimatikan. Jika, ketikaTurbo Mode diaktifkan, Anda akan kehilangan fitur yang diperlukan, setel  off   Turbo mode dan mengubah pengaturan Anda sehingga ketika Anda me-restart Turbo Mode, fitur ini tersedia lagi.

Klik Finish untuk menutup wizard ini.

Sumber : http://masarulnasgor.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s